Cara Mengatur Ulasan Produk di Toko Shopify Anda

Jika Anda baru mengenal Shopify dan eCommerce, memikirkan langkah pertama Anda sebagai pemilik bisnis mungkin cukup membingungkan.

Untuk membantu pedagang seperti Anda dalam perjalanan yang tidak mudah ini, kami telah memutuskan untuk menjalankan serangkaian artikel berkelanjutan tentang membangun toko Shopify.

Dalam artikel hari ini, kami membahas ulasan pelanggan: apa kepentingannya, cara menyiapkannya di Shopify, dan alat apa yang akan membantu Anda berkonversi lebih baik.

Mari kita mulai!

Apa itu Ulasan
Ulasan pelanggan mengacu pada umpan balik yang ditinggalkan pelanggan untuk produk atau merek Anda secara keseluruhan.

Mereka bisa sangat membantu calon pelanggan di masa depan, karena mereka memberi mereka refleksi yang jujur ​​​​tentang kualitas produk, kondisi pengiriman, kredibilitas merek Anda, dan sebagainya. Jadi mungkin tidak perlu dikatakan betapa pentingnya ulasan untuk kepercayaan merek Anda.

Mengapa Mereka Penting
Terlepas dari kredibilitas, ulasan memiliki beberapa manfaat tambahan:

  • Kritik membangun. Terkadang, sebagai pedagang, Anda mungkin melewatkan kekurangan produk Anda, yang muncul hanya setelah digunakan terus menerus. Dalam kasus ini, ulasan dapat menjadi sumber umpan balik yang bagus untuk pengembangan produk Anda di masa mendatang.
  • Keterlibatan pelanggan. Dengan ulasan, Anda memungkinkan pelanggan untuk terlibat dengan merek Anda, menjadikan keseluruhan pengalaman mereka lebih interaktif dan berkesan.
  • Loyalitas merek. Selain itu, ulasan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek Anda, karena selain hanya mendapatkan produk, pelanggan juga menjalin hubungan dengan komunitas merek Anda.

Apa Jenis Ulasan yang Ada

  • Ulasan produk – ulasan yang tersisa untuk produk tertentu.
  • Ulasan situs – yang mengacu pada merek Anda secara keseluruhan.
  • T&J – pertanyaan yang ditinggalkan oleh pelanggan tentang produk Anda. Mereka kemudian dapat dijawab oleh Anda atau pelanggan lain (jika Anda mengizinkannya).
  • Balasan – seperti jawaban, tanggapan memungkinkan Anda untuk menanggapi umpan balik pelanggan Anda, sebagai hasilnya meningkatkan hubungan.

Cara Menambahkan Ulasan ke Toko Shopify Anda

  • Unduh dan integrasikan aplikasi Ulasan untuk Shopify. Untuk itu, buka halaman Toko Aplikasi Shopify, cari “Aplikasi Ulasan” lalu pilih salah satu yang paling cocok untuk Anda.
  • Setelah Anda mengunduhnya, ikuti dengan cermat proses orientasi aplikasi, yang akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang cara menyiapkan dan menggunakannya dengan benar. Beberapa aplikasi, seperti Ulasan Produk Shopify, mungkin memerlukan perubahan kode manual di panel admin toko Anda. Namun, sebagian besar aplikasi menawarkan integrasi otomatis bahkan dengan paket gratisnya, jadi jangan khawatir jika Anda tidak tahu cara mengubah kode.

Cara Memaksimalkan Potensi Review
Setelah Anda mengatur ulasan di toko Anda dan menjadi lebih atau kurang terbiasa, Anda dapat mencoba memanfaatkan fitur ini dengan beberapa cara:

1. Siapkan pengingat email untuk pelanggan Anda
Tidak peduli seberapa bagus produk Anda, sebenarnya sebagian besar pelanggan akan lupa untuk kembali ke toko Anda dan memberikan ulasan. Namun, jika Anda hanya mengingatkan atau meminta mereka melakukan itu, kemungkinan besar mereka akan memberi Anda ulasan.

How-to: Anda dapat mengirim email baik secara manual atau melalui aplikasi, yang akan mengirimkan permintaan secara otomatis untuk Anda. Manfaat tambahannya adalah aplikasi dapat memungkinkan pelanggan untuk meninggalkan ulasan di dalam email itu sendiri, membuat mereka lebih cenderung untuk merespons.

Sebagai cara lain untuk mendorong pelanggan agar menjawab, Anda dapat menawarkan kupon diskon untuk ditukar dengan ulasan. Ini dapat dilakukan secara manual atau melalui aplikasi, yang akan mengaktifkan diskon otomatis.

2. Optimalkan untuk Cuplikan Kaya Google
Cuplikan kaya mengacu pada data tambahan tentang laman, yang tercermin dalam hasil penelusuran Google. Dalam kasus produk, ini bisa berarti harga atau peringkat agregatnya, yang muncul tepat di bawah pengembangan.


Cuplikan dapat membantu calon pembeli untuk lebih memahami apakah produk Anda cocok untuk mereka, yang pada dasarnya berfungsi untuk meningkatkan rasio klik-tayang mereka (atau rasio antara seberapa sering orang melihat produk Anda dan seberapa sering mereka mengkliknya).

How-to: untuk mengoptimalkan Cuplikan Kaya, Anda perlu menerapkan markup Peringkat Agregat. Sederhananya, Anda perlu menunjukkan kepada Google struktur data situs web Anda.

Anda dapat mencapainya dengan memilih dan memasarkan peringkat Anda dan memasukkannya ke setiap halaman di situs Anda dalam HTML. Alternatifnya, Anda dapat mencoba menggunakan plugin dan aplikasi yang ada yang akan melakukannya untuk Anda.

3. Balas ulasan, termasuk yang negatif
Apakah produk Anda mendapat pujian atau bashing, selalu membantu untuk menanggapi pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mempererat hubungan antara mereka dan brand Anda. Dalam hal ulasan negatif, ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan opini merek Anda secara potensial.

Selain itu, reaksi negatif telah terbukti memengaruhi persepsi merek secara positif, karena membuatnya terlihat lebih otentik di mata pelanggan lain. Jika tidak, itu juga dapat membantu Anda mengatasi masalah umum pelanggan Anda dalam menggunakan produk Anda. Jadi pertimbangkan kritik sebagai peluang untuk merek Anda daripada hambatan.

Lagi pula, beberapa merek bahkan mendapatkan pujian dengan menemukan cara kreatif untuk memasarkan ulasan negatif mereka, seperti trailer Last Week Tonight yang terkenal dari John Oliver, yang dengan bijak mengolok-olok kritiknya.

4. Integrasikan ulasan Anda ke Google Shopping
Seperti Cuplikan Kaya, Google Shopping memungkinkan Anda untuk menampilkan peringkat produk dan foto Anda di halaman pratinjau. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa alih-alih hasil pencarian, peringkat muncul di Iklan Cantuman Produk, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Dan seperti Cuplikan Kaya, pengoptimalan untuk Google Shopping juga dapat meningkatkan rasio klik-tayang dari pelanggan potensial Anda, sehingga meningkatkan konversi Anda sebagai hasilnya.

How-to: untuk menampilkan produk Anda di hasil pencarian Google Shopping, Anda perlu mengunggah review produk Anda ke Google Shopping menggunakan Skema XML. Anda dapat melakukannya sendiri, seperti dengan mengikuti panduan ini atau dengan bantuan aplikasi, yang akan mengotomatiskan seluruh proses.

Membungkus
Meskipun masih banyak yang harus diungkap tentang topik ini, kami harap panduan pengenalan ini telah membantu mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang ulasan Shopify dan potensinya untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Poin-poin penting untuk dirangkum:

  • terlibat lebih banyak dengan ulasan pelanggan Anda untuk meningkatkan loyalitas mereka;
  • jangan segan-segan meminta ulasan pelanggan secara langsung, tetapi tawarkan nilai sebagai imbalan (seperti melalui kupon);
  • belajarlah dari kritik negatif yang Anda dapatkan atau coba ubah menjadi peluang pemasaran;
  • optimalkan produk Anda untuk Rich Snippet dan Google Shopping;

Apakah ada hal penting lainnya yang harus kami sebutkan? Dan apa strategi terbaik untuk mendapatkan ulasan yang sesuai untuk Anda?

Pastikan untuk berbagi dengan kami di komentar, dan sampai waktu berikutnya, pantau terus!

Buat fitur ulasan produk Anda di sini.

shopify apps

← Older Post Newer Post →



Leave a comment

Read More Insight Kami


Product Filtering by Boost Commerce vs Shopify OS 2.0 Storefront Filtering

Anchanto Integrations Updates January 2023 - TikTok