Shopify 101: Apa Itu dan Bagaimana Memulainya

Apakah Anda tahu Tesla, Red Bull, atau Budweiser? Jika demikian, Anda sudah bertemu pertama kali dengan Shopify. Ini dan banyak merek terkenal lainnya menggunakan sistem populer untuk toko online mereka. Tapi apa yang membuat platform ini begitu istimewa? Kami bertanya dan kami mendapat jawaban.

Jadi dalam artikel ini, Panduan Eshop mitra kami akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang Shopify dan memberi Anda 4 tip untuk awal yang sukses dengan toko Shopify Anda.

Kisah di balik Shopify
Shopify didirikan pada tahun 2006 oleh Tobias Lütke, awalnya dengan ide menjual papan seluncur salju secara online. Ini dengan cepat menjadi proyek yang lebih besar, dengan kantor dari Berlin ke San Francisco. Saat ini Shopify adalah salah satu sistem e-niaga terbesar di dunia dan terwakili di 175 negara. Jumlah yang mengesankan, mengingat dunia memiliki total 194 negara. Belum yakin? Shopify memiliki sekitar 1.000.000 pengguna – tidak mungkin semuanya salah.

Apa yang membuat Shopify spesial?
Shopify adalah sistem toko lengkap yang sederhana. Itu artinya: Sistem lintas saluran menggabungkan berbagai solusi offline dan online untuk pedagang hanya dalam satu tinjauan. Ini menjamin fleksibilitas maksimum pengguna.
Shopify juga dikenal andal dan dapat diskalakan. Itu berarti skala perusahaan seiring pertumbuhannya. Contoh praktis: Setelah model bisnis Anda ada, seringkali tidak masalah apakah Anda menjual 50 atau 100 t-shirt sehari. Penjualan Anda dapat ditingkatkan tanpa sumber daya tambahan – ini disebut model bisnis yang dapat diskalakan.
Sistem ini berbasis cloud. "Cloud" menggambarkan sistem yang dengannya Anda dapat mengakses aplikasi yang tidak harus diinstal pada komponen perangkat keras Anda sendiri. Keuntungan besar dari solusi berbasis cloud: menghemat sumber daya, lebih hemat biaya, dan dapat digunakan dari mana saja.


Untuk siapa Shopify?
Shopify adalah sistem untuk semua orang. Terlepas dari apakah itu grup, start-up, pedagang tunggal atau pedagang hobi – apakah Anda menjual secara online, melalui jejaring sosial, pasar seperti Amazon dan eBay atau di toko lokal. Shopify menawarkan solusi untuk semuanya dan mudah digunakan. Anda hampir tidak membutuhkan pengetahuan teknis sebelumnya.

Gambaran umum keuntungan Shopify:

  • Penanganan yang mudah dengan drag and drop – tidak diperlukan pengetahuan pemrograman
  • Jumlah produk yang tidak terbatas dalam inventaris
  • Desain tanpa pengetahuan desainer – lebih dari 70 template profesional dan gratis
  • Pembaruan dan pencadangan otomatis
  • Ikhtisar semua proses bisnis dan informasi pelanggan
  • Metode pengiriman yang fleksibel oleh pedagang
  • Tersedia lebih dari 2.000 aplikasi dan alat untuk fleksibilitas maksimum dan kemampuan perluasan individual
  • Dukungan untuk metode pembayaran umum dan pemasangan mudah dengan Pembayaran Shopify
  • Dukungan gratis dari Tim Dukungan Shopify

Berapa biaya Shopify?

Apa yang ingin Anda capai atau jenis bisnis apa yang sudah Anda miliki menentukan rencana Shopify mana yang Anda butuhkan. Apakah Anda tentara satu orang, pemula atau Anda ingin membangun kerajaan seperti Steve Jobs? Shopify memiliki rencana yang tepat untuk setiap level, yang akan membantu Anda mencapai tujuan. Paket Basic Shopify dimulai dengan biaya bulanan sebesar $29 dan mencakup semua layanan yang Anda butuhkan untuk awal yang sukses dalam e-niaga.

4 tips untuk awal yang sukses sebagai Pedagang Shopify
Sudahkah Anda memutuskan untuk membuat toko Shopify? Nah, kami memiliki beberapa tip untuk Anda agar awal Anda berhasil dan menjadikan bisnis kecil Anda online.

1. Periksa perlindungan hukum terlebih dahulu

Bahkan sebelum Anda menjual produk pertama Anda dan toko Anda online, Anda harus yakin bahwa toko online Anda dilindungi secara hukum. Artinya, Anda harus mengurus hal-hal dasar terlebih dahulu agar tidak berisiko diperingatkan.

Ini termasuk:

  • Jejak
  • Deklarasi perlindungan data
  • Syarat dan ketentuan umum dan informasi pelanggan
  • Kebijakan pembatalan termasuk contoh formulir pembatalan serta informasi pembayaran dan pengiriman
  • Perlu diketahui bahwa persyaratan terkait perlindungan hukum berbeda di setiap negara.


2. Apa yang dibutuhkan Toko Shopify Anda dan apa yang TIDAK

Anda pasti sudah memiliki gambaran spesifik tentang bagaimana tampilan toko Anda dan fitur apa yang harus disertakan. Mungkin Anda memikirkan perusahaan yang lebih besar dan terkenal dan menyadari: Saya ingin toko online persis seperti mereka! Namun perlu diingat bahwa toko-toko ini dulunya juga mulai kecil.

Mulailah dengan berfokus pada hal-hal yang sangat penting alih-alih tenggelam dalam detail. “Kurang lebih baik dan kesederhanaan menang” harus menjadi moto Anda saat membuat toko online Anda. Jadi, inilah yang harus disertakan oleh toko Anda:

Penting:

✓ Presentasi produk / layanan terpenting

✓ Pemrosesan pembayaran yang aman

✓ Penanganan data yang aman

Tidak begitu penting (di awal):

✗ Domain yang sempurna

✗ Desain sempurna

✗ Otomatisasi akuntansi atau media sosial

✗ Katalog produk lengkap



3. Hasilkan penjualan pertama setelah diluncurkan

Setelah Anda meluncurkan toko Shopify Anda, penjualan pertama sangatlah penting. Penjualan ini menciptakan dinamika positif yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan strategi pemasaran Anda. Sayangnya, yang pertama juga yang paling sulit.

Anda dapat menghindari kekecewaan meskipun dengan persiapan yang baik.

1. Buat daftar distribusi email. Sebelum peluncuran, kumpulkan kontak yang tertarik dengan produk Anda dan terus perbarui mereka dengan berita. Hubungi mereka pada saat peluncuran dan pikat mereka dengan voucher yang dapat mereka tukarkan dengan pembelian berikutnya.

2. Minta dukungan dari kontak Anda. Hal termudah yang dapat Anda lakukan adalah bertanya kepada teman dan keluarga apakah mereka ingin membeli sesuatu dari Anda. Pilih sesuatu sebelumnya yang mungkin mereka sukai dan cocok untuk mereka.

Dengan menjual produk yang benar-benar mereka butuhkan, Anda pasti akan meyakinkan mereka! Anda tidak hanya menjual sesuatu tetapi teman Anda akan memberi tahu teman mereka tentang hal itu. Pemasaran rujukan adalah pemasaran terbaik dan penjualan Anda akan segera meningkat.

3. Gunakan pasar seperti Amazon atau eBay. Keuntungan dari pasar semacam itu adalah mereka sudah memiliki lalu lintas dan pencarian produk. Ini memberi Anda dorongan dan Anda dapat terus mengerjakan hal lain, seperti menyempurnakan penelusuran organik, yang akan membantu Anda agar mudah ditemukan di Google Penelusuran.

4. Gunakan Komunitas Facebook

Saat memulai bisnis online, banyak sekali pertanyaan yang muncul. Anda dapat menemukan jawabannya di google, oleh bertanya kepada pakar Shopify seperti Eshop Guide atau Anda dapat memasuki komunitas tempat pedagang lain akan mencoba menjawab pertanyaan Anda tentang Shopify.

Panduan Eshop membangun komunitas Shopify Jerman terbesar “Shopify Deutschland, Österreich, Schweiz” di Facebook dengan sekitar 6.000 anggota. Seperti yang disebutkan, komunitas Facebook berbahasa Jerman tetapi Anda juga dapat bertanya dalam bahasa Inggris dan Anda akan mendapat jawaban. Komunitas semacam itu populer di seluruh dunia, jadi periksa saja di Facebook, Linkedin, atau jejaring sosial lain yang umum di negara Anda apakah ada sekelompok orang dengan minat yang sama. Jika belum, ada komunitas English Shopify ini “Shopify Entrepreneurs” , yang akan membantu Anda memulai.

Pikiran terakhir
Seperti yang Anda lihat, Shopify ramah pengguna, fleksibel, dan memiliki kemungkinan yang hampir tak terbatas untuk desain dan perluasan melalui banyak aplikasi dan fitur. Namun sebelum memulai, jangan lupa untuk mengamankan diri terlebih dahulu.

Jadi cobalah, lihat sendiri apakah itu cocok untuk Anda dan jika dalam prosesnya Anda memiliki pertanyaan, coba hubungi kami untuk membantu Anda.

Untuk saat ini, kami berharap tips ini bermanfaat bagi Anda dan dengan tulus berharap semoga sukses di awal!

Mulai tumbuh dengan Growow hari ini

e-commerce

← Older Post Newer Post →



Leave a comment

Read More Insight Kami


Daftar Apps Keren Dari Shopify Untuk Store Kalian

Shopify Editions Winter 2024