Cara Mengatur Program Loyalitas di Toko Shopify Anda

Program loyalitas dan penghargaan telah terbukti sebagai beberapa strategi paling efektif untuk meningkatkan pendapatan toko Anda dan menginspirasi loyalitas pelanggan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa 84% pelanggan mengatakan bahwa mereka cenderung bertahan dengan merek yang menawarkan program loyalitas. Dan 66% pelanggan mengatakan bahwa kemampuan untuk mendapatkan hadiah dan membelanjakannya nanti benar-benar mengubah perilaku belanja mereka.

Juga diketahui bahwa jauh lebih murah untuk mempromosikan dan menjual ke pelanggan Anda yang sudah ada daripada mendapatkan yang baru. Tidak hanya klien baru lebih mahal untuk didapatkan, tetapi mereka juga tidak menghasilkan uang sebanyak pelanggan biasa. Jadi, berinvestasi dalam program loyalitas dan hadiah dapat menjadi bagian penting dalam mempertahankan bisnis Anda.

Mulai
Ada banyak aplikasi di luar sana untuk program Loyalitas dan Hadiah, jadi pilihan Anda mungkin bergantung pada kebutuhan, anggaran, dan preferensi spesifik Anda. Namun, sebagai awal yang baik, Anda dapat mencoba menggunakan Growave (tersedia paket gratis, yang berbayar mulai dari $29/bulan) atau Smile (termasuk paket gratis, paket pemula mulai dari $49).

Jadi, setelah Anda memilih aplikasinya, Anda perlu memutuskan jenis program loyalitas yang Anda inginkan. Dua yang paling umum adalah:

Memberikan poin melalui penjualan. Pelanggan mendapatkan poin ini melalui pembelian dan tindakan yang mereka lakukan di toko Anda, dan nantinya mereka dapat menukarkan poin tersebut dengan produk, diskon, dan kupon gratis.

Sumber: Uniqso (aplikasi Loyalitas dan Penghargaan oleh Growave)


Menciptakan pengalaman VIP untuk pelanggan Anda dengan memutar program Anda seputar keanggotaan berjenjang. Ini memberi klien Anda opsi untuk mendapatkan atau menukarkan poin dengan rasio yang berbeda. Misalnya, anggota Gold dapat memperoleh 20 poin untuk setiap dolar yang dibelanjakan, sedangkan anggota Silver memperoleh 10 poin untuk setiap dolar.


Sumber: Uniqso (aplikasi Loyalitas dan Penghargaan oleh Growave)


Jadi, setelah Anda memutuskan jenis program yang Anda inginkan, Anda akhirnya dapat mulai mengaturnya. Berikut adalah 5 hal yang perlu diingat selama proses:

1. Buat semuanya tetap sederhana
Untuk memastikan bahwa semua pelanggan Anda memahami program loyalitas dan penghargaan Anda, cobalah untuk tidak membuatnya terlalu rumit. Jika tidak, pelanggan akan menyerah pada program dan berhenti menggunakannya.

Poin utama yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa seluruh proses harus cukup mudah untuk dipahami dan diikuti oleh pembeli Anda. Misalnya. jika Anda memberikan poin kepada pelanggan setelah mereka melakukan pembelian di website Anda, pastikan poin tersebut mudah dilacak dan ada penjelasan bagaimana mereka dapat menukarkannya.

2. Perkenalkan personalisasi
Mengirimkan kartu ulang tahun, menyapa pelanggan dengan nama mereka, atau mengirimi mereka email yang dipersonalisasi – langkah sederhana seperti itu dapat sangat membantu dalam membangun hubungan Anda dengan pelanggan.

Jadi cobalah untuk selalu melangkah lebih jauh untuk menunjukkan kepada pelanggan terbaik Anda bahwa Anda menghargai bisnis mereka dengan Anda, dan mereka akan terinspirasi untuk datang berbelanja lagi.



3. Lakukan penelitian
Kunci keberhasilan program loyalitas dan hadiah apa pun terletak pada pengetahuan dasar audiens target Anda. Anda tidak dapat menawarkan kesepakatan yang menguntungkan kepada mereka tanpa terlebih dahulu memahami apa yang mereka inginkan dari kesepakatan tersebut.

Jadi dari informasi demografis pelanggan Anda hingga tren preferensi saat ini, Anda harus mengumpulkan semua data berharga yang Anda bisa dan menganalisisnya. Ini dapat dilakukan melalui survei langsung, kuis, informasi pendaftaran pelanggan, atau interaksi santai melalui media sosial.

4. Tetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai
Maksud kami, pelanggan Anda harus benar-benar dapat memperoleh manfaat dari program Anda. Jika poin terlalu sulit untuk dicapai atau dibutuhkan terlalu banyak poin untuk mendapatkan hadiah, pelanggan akan menyerah begitu saja pada program Anda, membuat Anda merasa membuang waktu dan tenaga.

Jadi untuk memastikan hal ini tidak terjadi, tawarkan kepada pelanggan Anda cara yang dapat ditindaklanjuti dan dapat dicapai untuk mendapatkan dan menukarkan poin. Anda dapat melakukannya dengan memberi penghargaan pada berbagai tindakan, seperti menambahkan ulasan, merujuk teman , atau berlangganan blog Anda. Meskipun tidak meningkatkan penjualan Anda secara langsung, tindakan ini meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda dan karenanya dapat dihargai. Dan seperti yang ditunjukkan survei, inilah yang diharapkan 75% pelanggan dari toko online.




Bagian Hadiah Groweve

5. Pertahankan hal-hal yang bervariasi
Ada ribuan program loyalitas berbeda yang tersedia saat ini, jadi sebagian besar pelanggan Anda mungkin sudah berpartisipasi dalam beberapa program loyalitas lainnya. Untuk berdiri keluar dari kerumunan, oleh karena itu, Anda harus memastikan program Anda tetap menarik dan menarik.

Jadi, daripada sekadar menawarkan diskon, cobalah berbagai hadiah yang berbeda juga dan lihat mana yang cocok untuk Anda. Misalnya, Anda dapat menawarkan langganan paket gratis, acara di belakang panggung, atau bahkan produk merek eksklusif untuk pelanggan paling setia Anda. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihargai, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek Anda dan membuat mereka lebih terlibat.


Sumber: Sephora


Pikiran terakhir
Seperti yang Anda lihat, langkah-langkah untuk membangun program loyalitas yang menarik bisa sangat sederhana. Luangkan waktu dan pertimbangan ke dalamnya dan cobalah untuk menawarkan nilai asli kepada pelanggan Anda dan Anda akan terkejut dengan seberapa jauh Anda telah mendapatkannya.

Dan jika suatu saat Anda memerlukan bantuan tambahan dengan program Anda, coba hubungi Growave dan mereka akan mendukung Anda dengan pertanyaan atau masalah apa pun yang mungkin Anda miliki.

loyalty points shopify apps

Newer Post →



Leave a comment

Read More Insight Kami


Daftar Apps Keren Dari Shopify Untuk Store Kalian

Shopify Editions Winter 2024