Shopify Editions Winter 2024

Beberapa waktu lalu Shopify meluncurkan banyak update dan fitur-fitur baru yang tentunya dapat membantu merchant dalam meningkatkan penjualan dan efisiensi dalam pengelolaan online store nya di Shopify.

 

Apa Itu Shopify Editions Winter 2024?

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai update dan fitur-fitur baru di Shopify, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan Shopify Editions. Jadi, apa itu Shopify Editions?

Shopify Editions adalah sebuah event dimana mereka akan mengumumkan update, release dan fitur terbaru apa saja yang akan hadir di Shopify. Shopify Editions ini akan hadir 2 kali dalam satu tahun. Biasanya editions ini akan muncul di awal tahun dan di pertengahan tahun. Editions di awal tahun Shopify memberikan nama Winter Editions, sedangkan untuk Editions di pertengahan tahun mereka memberikan nama Summer Editions.

 

Ada Apa Saja di Shopify Editions Winter 2024?

Tema Winter Editions 2024 ini adalah FOUNDATIONS, dimana Shopify mengangkat update untuk hal-hal yang cukup mendasar dari fitur-fitur di Shopify. Di sini Shopify membaginya ke dalam beberapa kategori, yaitu Conversion, Channels, Marketing, Operations, dan Developer

Penasaran dengan setiap update-nya? Mari kita bahas.

 

CONVERSION

Pada bagian CONVERSION ini terdapat beberapa kategori:

  • Product Merchandising
  • Semantic Search
  • Shopify Subscriptions, dan masih banyak lagi

PRODUCT MERCHANDISING

Beberapa fitur dan update terbaru tentang product merchandising antara lain:

  • Shopify Combined Listings. Untuk merchant yang biasa memisahkan setiap produk variant menjadi satu produk, sekarang masing-masing produk tersebut bisa digabungkan menjadi satu dalam satu parent produk. Sehingga tidak perlu lagi melakukan custom code untuk menggabungkan beberapa produk dalam satu parent produk.
  • Rich attributes for each product category. Di sini Shopify melakukan update pada halaman produk yaitu dengan menambahkan product category, sehingga kita lebih mudah dalam melakukan pengelompokkan variant.
  • API supporting up to 2,000 variants per product. Sebelumnya di Shopify hanya dapat membuat 100 variants per produk, tapi saat ini kita sudah dapat membuat 2,000 variants dalam satu produk.

SEMANTIC SEARCH

Semantic Search membantu mempermudah customer dalam melakukan pencarian produk. Dengan bantuan AI, kini customer dapat melakukan pencarian berdasarkan kebutuhan mereka sehingga tidak hanya mencari nama produk tapi juga fungsi dari produk tersebut bisa dijadikan sebagai kata kunci.

SHOPIFY SUBCRIPTIONS

Sekarang Shopify telah melakukan full rilis untuk Shopify Subscriptions app, sehingga kita dapat meningkatkan customer lifetime value dan revenue yang ditawarkan melalui program subscription.

 

CHANNELS

Bagi anda pengguna Shopify Plus, update yang terdapat pada kategori Channels ini akan sangat membantu anda dalam pengelolaan store. Beberapa update pada bagian ini antara lain:

SHOPIFY POS

Pada Shopify POS terdapat beberapa update baik dari sisi tampilan maupun fungsionalitas yang dapat membantu merchant pengguna Shopify POS, antara lain:

  • New smart grid editor. Sekarang merchant dapat mengkonfigurasi layout POS dengan lebih mudah, sehingga dapat mempercepat proses transaksi dan penggunaan POS nya.
  • Customized receipts that match your brand. Kini kita dapat merancang receipt yang kita cetak di POS, dengan bantuan developer untuk melakukan custom code kita dapat membuat receipt sesuai dengan brand kita.
  • Easier fulfillment from retail locations. Sekarang kita bisa melihat status order yang belum di-fulfill dengan lebih cepat, sehingga tidak perlu lagi melakukan pengecekan dan pencarian order. 

B2B ON SHOPIFY

Beberapa update untuk fitur B2B antara lain:

  • New staff permisions settings. Kita dapat membatasi akses untuk sales representatives hanya dapat memproses order dan melihat informasi customer untuk akun mereka.
  • New theme optimized for B2B. Saat ini kita dapat melakukan setup theme B2B dengan lebih cepat sehingga bisa membantu customer dalam mempermudah melakukan order.
  • Custom promotional discounts. Kita dapat melakukan custom promotional discount untuk customer dengan bantuan third-party app atau custom app melalui Shopify Functions. Discount ini dapat digunakan untuk spesifik customer yang kita tentukan.

 

MARKETING

Untuk membantu kegiatan marketing atau pemasaran anda, Shopify melakukan beberapa pembaruan pada fitur-fitur berikut:

SHOPIFY AUDIENCE

Pada bagian shopify audiences, kita dapat melakukan retargeting dan benchmark terhadap iklan yang kita buat.

Shopify mengenalkan algoritma terbaru yang dapat memaksimalkan performance dalam ad plaftorms.

Selain itu dengan fitur bencmarking di Shopify, kita dapat melakukan penilaian performance dibandingkan dengan permormance store sejenis atau industry grouping yang ada di Shopify Audience.

SHOPIFY COLLABS

Di Shopify Collabs terdapat beberapa fitur baru yang dapat membantu kita dalam menentukan content creator mana yang akan sangat membantu kita dalam melakukan pemasaran.

MARKETING INTEGRATIONS

Melalui fitur marketing integrations kita dapat melakukan sync customer data dari 3P marketing channels. Kita dapat melakkukan pull customer events dari Klaviyo, Mailchimp, Seguno, dan Pinteres. Selain itu kedepannya kita dapat melihat biaya iklan dan impression dari Google, Pinterest, Snapchat, dan TikTok. 

 

OPERATIONS

Dari sisi operations terdapat beberapa hal akan sangat membantu merchant dalam aktivitas operasional sehari-hari.

SHOPIFY MAGIC

Salah satu kabar besar yang terdapat pada update winter editions 2024 ini adalah Shopify Magic. Dengan shopify magic kita dapat menggunakan bantuan AI untuk membantu dalam memperbaiki foto produk yang kita upload sehingga produk yang kita tawarkan akan lebih terlihat profesional dan berkelas.

SHOPIFY LENDING

Shopify Lending dapat membantu merchant dalam mendapatkan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan online store nya agar dapat scaling ke level yang lebih tinggi lagi.

SHOPIFY FLOW

Shopify Flow merupakan fitur yang sangat membantu dalam mengautomasi hal-hal operasional yang mendasar. Beberapa update pada Shopify Flow antara lain:

 

DEVELOPER

Bagi anda yang memiliki kemampuan teknis khususnya dalam mengembangkan online store Shopify anda dengan kebutuhan yang cukup custom, beberapa update di sisi development ini akan sangat membantu anda.

STOREFRONTS

  • Online Store. Beberapa update pada bagian online store antara lain kita dapat menggunakan theme blocks di setiap sections tanpa harus membuat block berulang kali dan update mengenai nested blocks.
  • Hydrogen. Pada update hydrogen kali ini kita dapat melakukan optimasi performance mengggunakan subrequest profiler, trace error di local source code, dan deploy dengan mudah menggunakan Shopify CLI

EXTENSIBILITY

Beberapa update untuk bagian extensibility antara lain:

  • Customer account extensibility in developer preview. Kita dapat membuat extension secara langsung untuk customer account dengan UI component yang sama seperti halnya yang digunakan pada Shopify checkout.
  • Checkout extensibility. Pada checkout extensibility ini kita dapat melakukan custom pada thank you page dan order status page extension, menambahkan validasi pada cart dan checkout function.

 

Untuk update selengkapnya mengenai Shopify Editions Winter 2024, dapat dilihat melalui halaman Shopify Editions Winter 2024.

Untuk mengetahui Shopify Editions lainnya, anda dapat mengunjungi halaman Shopify Editions.

← Older Post Newer Post →



Leave a comment

Read More Insight Kami


Daftar Apps Keren Dari Shopify Untuk Store Kalian

Product Filtering by Boost Commerce vs Shopify OS 2.0 Storefront Filtering