Shopify Downtime?

Server shopify bisa down? Yess, shopify bisa mengalami down namun tidak merata terjadi pada semua Shopify Store, hanya beberapa store saja.

Seperti platform ecommerce berbasis web pada umumnya bahwa semua server dapat turun dari waktu ke waktu karena macam-macam kondisi. 

Kami sangat memahami apa yang terjadi pada bisnis anda jika terjadi downtime, kehilangan transaksi, customer kecewa dan jelas super panik! 

Tapi jangan kuatir karena sejauh pengalaman kami downtime yang terjadi sangat jarang dan tidak pernah lebih dari 5 menit. 

Dan perlu diingat bahwa downtime bukan sesuatu yang diinginkan Shopify dan mereka bekerja sangat keras untuk menghindari hal ini terjadi. 

 

Apa yang harus kita lakukan ketika downtime? 

  • Tenang dan jangan panik karena hal ini tidak berlangsung lama
  • Segera berikan informasi kepada pelanggan anda bahwa sedang terjadi downtime melalui social media, karena customerlah yang perlu anda prioritaskan
  • Secara berkala cek status shopify pada link yang telah disediakan shopify berikut, https://www.shopifystatus.com/ login Shopify Store anda dan lihat statusnya
  • Setelah normal kembali ada baiknya anda dapat test terlebih dahulu dari proses register sampai checkout untuk memastikan bahwa sistem sudah kembali normal.
  • Dan umumkan kepada customer anda bahwa website telah dapat diakses kembali.

 

 

Terakhir, penting juga untuk diperhatikan bahwa Status Shopify menampilkan rincian berbagai fitur dan fungsi mana yang mengalami downtime. Karena biasanya hanya beberapa fitur tertentu yang mengalami downtime, misalnya akses admin, halaman koleksi dsb. 

 

Yah kita bisa anggap Shopify butuh istirahat sejenak :) 

technical

← Older Post Newer Post →



Leave a comment

Read More Journal


Shopify Editions Winter 2024

Shopify changes to Carrier Calculated Shipping (CCS) Plan Eligibility