Novere: pejuang strategi promosi dengan flash sale untuk meluncurkan koleksi terbaru

Novéré didirikan oleh dua kakak beradik, Jeanita Adelina dan Jesca Aderland pada tahun 2017. Ia memulai sebagai bisnis kecil-kecilan, berjualan melalui Instagram dan WhatsApp, semua transaksi dilakukan secara manual. Seiring tumbuhnya bisnis, tim Novere kemudian membuat website sendiri untuk mengelola pesanan.

Sebagai brand apparel, Noveré memiliki spesialisasi dapat menyediakan pakaian wanita siap pakai yang chic dan kasual. Novere selalu menyampaikan pesan sosial dalam koleksi-koleksinya. Contohnya, salah satu koleksi Noveré bernama Noveré Birch, yang berarti kuat. Penamaan ini diharapkan dapat mendorong #noveresisters (nama panggilan pelanggan Noveré) untuk keluar dari zona nyaman.

Dari sisi produk, Novere menyediakan produk dengan material yang ramah lingkungan seperti menggunakan bahan fabric Tencel™ , menggunakan kemasan tanpa bahan plastik, tag yang dapat digunakan kembali sebagai penanda buku, untuk mengurangi limbah pakaian.

Novere memiliki dua segmen utama: ready to wear, untuk wanita yang suka menggunakan pakaian longgar dan tidak ketat dan home wear , untuk mereka yang ingin tetap tampil chic di rumah, menggunakan bahan Tencel™ yang sangat nyaman dipakai.

Flash sale, strategi promosi eCommerce masa kini

Novere mulai menjalankan web hunt sejak Juni 2021. Web hunt adalah sejenis flash sale di mana pelanggan akan dapat membeli suatu koleksi produk melalui website pada waktu tertentu. Keputusan ini dilatar belakangi tingginya permintaan setiap kali ada koleksi baru. Untuk kenyamanan biaya, tim Novere menjalankan strategi ini untuk kenyamanan #novereisters. Sejak itu, Noveré berencana untuk mengadakan dua web hunt setiap bulannya.

Dilihat dari perspektif bisnis, strategi ini sangat menguntungkan. Penjualan Lonjakan akan lebih mudah diprediksi, sehingga bisnis dapat mempersiapkan stok pada tanggal tersebut.

Ada beberapa checklist yang dilakukan Noveré sebelum menjalankan flash sale. Pertama, dari sisi pengembangan produk, mulai dari material hingga desain. Biasanya, koleksi produk disiapkan beberapa bulan sebelum diluncurkan. Kedua, persiapan promosi. Tim Novere biasanya melakukan photoshoot, membuat iklan dan menyebarkannya di media sosial.

Terakhir, persiapan teknis. Novere menggunakan jasa Exptify untuk mengelola toko eCommerce mereka. Semua aspek teknis akan dikerjakan dari sisi Exptify. Ketika Novere ingin menjalankan flash sale, Exptify merekomendasikan untuk menggunakan Xendit sebagai payment gateway.

Sebelumnya Novere hanya menerima pembayaran melalui transfer bank manual. Proses ini sangat menantang akibat banyaknya order yang masuk. Setiap bukti pembayaran dari panggilan secara manual. Selain itu, dari pihak pembeli, juga banyak yang lupa mengirimkan bukti pembayaran sehingga dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman barang.

Ketika kami memilih untuk menggunakan Xendit, kami juga menyelidiki opsi payment gateway lainnya. Namun, tidak ada yang dapat menampung kebutuhan kami. Untungnya, Expatify memperkenalkan kami pada Xendit. Akhirnya, kami setuju untuk mengubah skema pembayaran kami dan mulai menggunakan Xendit.

Sejak menggunakan Xendit, tim Noveré tidak perlu lagi memverifikasi pembayaran secara manual, sehingga mengurangi kesalahan manusia. Selain itu, Xendit juga menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan selalu siap memberikan solusi.

Selama flash sale, lalu lintas di situs Novere sangat ramai. Novere menerima hingga 400 permintaan invoice dalam 15 menit pertama. Pelanggan menyukai proses pembayaran dengan Xendit karena kini mereka dapat memilih opsi pembayaran VA, kartu, QRIS, dan e-Wallet.

Rencana Novere

Akibat kegagalan strategi ini, tim Novere akan menjadi bagian esensial bagi bisnis mereka. Flash sale akan menjadi strategi reguler untuk melakukan launching setiap produk baru, dan rencananya akan dilakukan dua kali sebulan.

Semoga sistemnya terus berjalan dengan baik, walaupun jumlah traffic semakin meningkat dan selalu menyediakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan #novereisters.

sumber studi kasus dari xendit payment gateway yang berkolaborasi dengan kita dalam penanganan webhunt/flash sale.

sumber : https://www.xendit.co/id/case-study/novere-menjalankan-strategi-promosi-dengan-flash-sale-untuk-launching-koleksi-terbaru/

e-commerce fashion webhunt

← Older Post Newer Post →



Leave a comment

Read More Insight Kami


Product Filtering by Boost Commerce vs Shopify OS 2.0 Storefront Filtering

Anchanto Integrations Updates January 2023 - TikTok